Tuesday, August 28, 2007

SyNOPSIS RIHLAH MENELUSURI JEJAK PARA NABI

PoHoN MaRyAm


Dalam sejarahnya, ketika Siti Maryam melahirkan putranya,Nabi Isa,Allah memerintahkan agar Maryam membawa putranya itu lari dan keluar dari palestina saat itu,untuk menghindari perbuatan aniaya dan dhalim raja Herodus saat itu.Dalam perjalannya, Maryam juga ditemani Yusuf an-Najjar,seorang tunangan Maryam(demikian versi injil).
Tempat terdekat dan aman selama pelariannya itu adalah Mesir.(Syajarah Maryam).Disana juga Allah memberikan mata air sebagai tempat minum dan mandi Maryam dan Nabi Isa. Mata air tersebut sampai saat ini masih ada.
Bahkan.pohon berteduhnya samapi saat ini masih ada dan mencapai 3 generasi.Pohon yang dijadikan senderan dan tempat berteduh dahulu Nabi Isa dan Maryampun masih ada, Yakni pohon generasi pertama.
Selain itu,batu yang dipakai Maryam untuk memandikan nabi Isa pun masih ada sampai saat ini.Batu itu menjadi saksi bisu bahwa Isa dan Maryam dahulu pernah menggunakannya di tempat itu disebut Masjid Ibrahim al-Jawwad.


Tempat Persembunyian Nabi Isa dan Maryam
Setelah berteduh di pohon maryam,Nabi Isa dan Siti Maryam juga mempunyai tempat bersembunyi khusus dari kejaran Herodus yang terus mencari tahu keberadaannya dan hendak membunuhnya.Tempat bersembunyinya itu kini masih ada dan berada diCairo tepatnya tidak jauh dari Masjid Amer bin Ash.


Tempat kelahiran Nabi Musa as


Nabi Musa lahir dan besar diMesir.Hanya,sampai saat ini tidak diketahui dimana persissnya tempat kelahiran Nabi Musa as tersebut. Penduduk sekitar Giza tepatnya di daerah Madzkur meyakini sampai saat ini bahwa Nabi Musa dilahirkan didaerahnya itu.Ya, disebuah tempat khusus yang kini menjadi sebuah sekolah.Mengingat tempat itu,menurut keyakinan penduduk setempat sebagai tempat kelahiran Nabi Musa as, maka sekolah itu diberi nama dengan Musa bin Nusair.
bila melihat daerah-daerahnya,keyakinan penduduk setempat sangat masuk akal. Karena posisinya tidak jauh dengan sungai Nil, dimana ibunya Musa menghanyutkan Musa ke sungai nil.Bahkan,sangat masuk akal karena ibu kota Meisr saat itu adalah Mempis(letaknya di giza juga tepatnya sekitar sakkara sekarang).



Masjid Qaetbay


Masjid ini dibangun oleh raja pada dinasti Mamalik al-Burjiyyah yang bernama Sultan Qaetbay.Sultan Qaetbay adalah raja yang berkuasa paling lama pada dinasti mamalik al Burjiyyah atau Mamalik asy-Syarakisah.Ia berkuasa sekitar 29 tahun yakni sejak tahun 873-902 H atau 1496-1468.
Mesir pernah dikuasai oleh raja-raja yang bersal dari budak-budak belian. Masa ini disebut dengan masa dinasti mamalik yang artinya budak-budak belian.Mesir dikuasai dinasti mamalik kedua terlama setelah masa Turki Utsmani,yakni selama 267 tahun,tepatnya sejak tahun 1250-1571M. Sedangkan dinasti yang paling lama berkuasa di Mesir adalah Turki Utsmani(Ottoman) yang berkuasa selama 288tahun, sejak tahun 1517-1805M.
Peninggala-peninggalan arsiktektur Islami khususnya berupa Masjid paling banyak adalah pada massa Dinasti ini.Ada sekitar 33 masjid besar megah dengan arsitektur tinggi. Dinasti Turki Utsmani saja,yang berkuasa paling lama,hanya meninggalkan 6 buah masjid saja yang salah satunya adalah masjid Mahmuddiyah yang berada di dekat Qal'ah didekat masjid sultan hasan dan Masjid Imam Rifa'i.Peninggalan atasar Islamy kedua paling banyak adalah peninggalan dari Dinasti Fatimiyyah yang meninggalkan 7 buah masjid,yang diantaranya adalah Masjid Al-Azhar dan al-hakim bin Amrillah.




No comments: