Sunday, August 19, 2007

"August's activity"2007

The ceremonial of Indonesian independent's day..


Pada tanggal 17 Agustus 2007 HUT RI yang ke 62. Di Kedutaan Besar Repulik Indonesia Cairo,Egypt mengadakan upacara kenaikan bendera dan penurunan bendera. Upacara kenaikan bendera dimulai pukul 08.30 pagi-09.30an.Peserta yang mengikutinya diantaranya yaitu para pejabat KBRI dari Local staff sampai Wakil Dutabesar,dan mahasiswa Indonesia yang kuliah di Azhar UnivercityUpacara dilaksanakan dengan hikmat,tenang,tertib dan lancar.

Komandan upacara pada saat upacara yaitu Bp.Sigit dan pembina upacara Bp Agus salim wakil dutabesar serta petugas pengibar bendera yaitu siswa-siswa SIC tapi ada 4 siswa From Pakistan school and scul mesir.Petugas bendera tersebut dinamakan PASKIBRA atau Pasukan pengibar bendera. Para peserta PASKIBRA sebelum tgl 17 agustus melakukan pelatihan selama kurang lebih 12 kali latihan.Yang melatih PASKIBRA yaitu Bp Mustofa Habiebie Idrus And Bp A'isrona.
Beliau yang melatih PASKIBRA dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat demi kesuksesan dan kelancaran upacara 17 Agustus 2007 dalam memperingati HUT RI ke 62.Bukan pelatihnya saja yang semangat dalam melatih,tetapi para PASKIBRApun bersemangat dalam melakukan pelatihan yang sangat melelahkan pada musim panas walaupun terkadang ada kesalahan dalam berlatih.

Upacara telah selesai sekitar pukul 09.30.para peserta upacara dibubarkan. setelah selesai acara upacara dilanjutkan dengan Foto-foto bersama.seluruh peserta upacara foto bersama ada juga foto sendiri-sendiri.

Alhamdulillah upacara HUT RI ke 62 di KBRI cairo berjalan lancar tanpa ada halangan.



LoMbA-LomBa
Sebelum tanggal 17 Agustus 2007, KBRI cairo mengadakan lomba-lomba dalam memperingati HUT RI ke 62. Sekitar 1 minggu lebih KBRI mengadakan Lomba-lomba Anak-anak hingga Tingkat Orang tua. Lomba-Lomba tersebut diantaranya Lomba baca puisi,Pidato,Nasyid,Kali grafi, membuat tumpeng dll. Acara lomba tersebut berlangsung dengn meriah tanpa ada halangan. Acara tersebut diikuti oleh seluruh warga Indonesia yang berada diMesir. Dari Orang tua sampai mahasiswa ikut lomba untuk memeriahkan HUT RI ke 62. Hasil Lomba-lomba tersebut diumumkan pada malam gembira dan hadiah untuk para pemenang berupa uang.


18 Agustus 2007 MaLam Gembira

Tgl 18 Agustus 2007 yang lalu seluruh masyarakat Indonesia di Mesir memperingati HUT RI bukan hanya upacara dan lomba-lomba saja.Tetapi diadakan juga malam panggung gembira.acara tersebut diisi berbagai macam acara. Yaitu Pentas seni, Pentas budaya,Pembagian Hdiah bagi yg menang lomba-lombanya menag,pembagian doorprice dll.pada mlm itu pertamanya suasana begitu damai,tenang.
Setelah beberapa saat setelah siswa SIC ngeband,terjadi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia yang diMesir(Mahasiswa Anti kekerasan).Demonstarsi tersebut diikut seluruh kekeluargaan mahasiswa selain KKS(Kelompok Kekeluargaan Sulawesi).Mahasiswa melakukan demo karena ada problem antar kekeluargaan mahasiswa,yaitu antara KKS dengan semua kekeluargaan selain KKS.
Menurut info yang saya peroleh,KKS lah yang tiap tahun mencari Problem dengan kekeluargaan yg lain dan masalah itu antara lain karena pertandingan sepak bola dll. Karena KBRI Cairo dari beberapa tahun yang lalu belum bisa menangani masalah tersebut sampai tuntas oleh sebab itu para mahasiswa anti kekerasan yang menjadi korban KKS berbondong-bondong melakukan demo di KBRI cairo. Mereka meminta 3 permintaan atau tuntutan.
Setelah itu Bapak Agus salim selaku wakil DUBES KBRI Cairo menndatangani surat perjanjian bahwa apabila ada mahasiswa membuat keributan,mahasiswa tersebut tidak segan2 dipulangkan.itulah inti dari perjanjian antara KBRI denagn para Demonstran.
Demo yang dilakukan itu dilakukan dengan penuh serius sampai-sampai baunya tidak tercium oleh para pejabat KBRI.mereka berdemo tidak anarkis tetapi masih wajar.selama mereka melakukan demo,masyarakat mesir pun melihatnya sampai2 polisi mesirpun melihat dan menjaganya.
Mungkin masyarakat mesir/polisi mesir melihat demo semacam itu adalah hal yang memalukan Indonesia.memang itu benar tetapi demo itukan salah satu cara kita menyampaikan aspirasi atau problem yang kita hadapi atau hal yang kita inginkan.dengan demonstrasi,apresiasi kita dapat didengar oleh para pejabat dan dapat dipertimbangkan.
Jadi,menurut warga indonesia sendiri,demo tersebut sudah biasa karena banyak demo diIndonesia dan Negara Indonesia adalah negara demonstran.
Oleh sebab itu,janganlah memandang demo dari luarnya saja,tapi lihat juga tujuannya.ok!,karena ada demonstarasi,malam gembira yg diadakan di KBRI hanya sebentar saja tetapi sudah hampir selese.demo tersebut berakhir sekitar pukul 00.30 waktu mesir.
itulah acara pada malam gembira.

No comments: