Saturday, October 13, 2007

Malam Takbiran/Takbiran Night

ALLAHHUAKBAR..ALLAHHUAKBAR...LAILAHAILAALLAH..
HUALLAHHUAKBAR..ALLAHHUAKBAR WALILLAHHILHAMD...
Itulah suara takbir menandakan Allah maha besar.Suara takbir menggema diseluruh masjid diCairo,Mesir.Pada malam takbiran,saya dan keluarga saya dicairo mengikuti takbiran dimasjid cairo.Malam takbitan ini adalah malam pertama kali saya rasakan diluar negri Mesir,cairo.Suasananya sangatlah berbeda dengan suasana diIndonesia khususnya tempat kelahiran saya.Apa perbedaannya?.DiMesir,cairo malam takbiran tidak begitu ramai,hanya sebentar kecuali dimasjid indonesia cairo.Sedangkan diIndonesia biasanya malam takbiran begitu ramai.Masjid-masjid mengumandangkan suara Allahhuakbar...mengadakan takbir keliling dengan membawa "obor"dan bedug".Itulah salah satu perbedaannya.Saya sangatlah rindu suasana malam takbiran dikampung halaman,DiDesa saya tinggal sebelum ke Mesir.Meskipun saya orang kampung/Desa tetapi saya senang bisa merasakan sebagai orang desa yang dapat menikmati indahnya pemandangan seperti gunung dll dan udara yang cukup segar untuk dihirup.Hidup dikota bukan berarti lebih senang dari pada diDesa dan sebaliknya.Malam takbiran diMasjid Indonesia cairo benar-benar sepi.Takbiran dimulai sekitar pukul 18.30WK.Pada saat adzan isya berkumandang,takbiran berhenti sejenak untuk melaksanakan sholat isya berjamaah.Setelah sholat,takbiran dimulai kembali.Bukan hanya takbiran saja tetapi sesudah takbiran ada pengajian yang disampaikan oleh Ust.Aep.Siraman rohani berakhir sekitar pukul 20.30.Sesudah itu,makan bersama-sama dilapangan sekolah indonesia cairo.Berhubung saya capek karena sebelumnya beres-beres dirumah,saya pulang duluan ke rumah tidak ikut makan bersama.Begitulah acara takbiran dimasjid indonesia cairo diMesir.



No comments: