Saturday, September 22, 2007

RAMADHAN DITANAH KELAHIRAN

The Unforgetable Ramadhan Memory in My Village


Teman-teman,para pembaca,saya akan sedikit berbagi-bagi cerita nich tentang Ramadhan waktu saya diIndonesia tepatnya diJawa Tengah kota Purwokerto kabupaten Banyumas dimana saya dan keluarga saya tinggal.

Saya mulai puasa sejak saya masih duduk dibangku Sekolah Dasar(kls3).Waktu saya kelas 3SD samapi kls 5, puasanya masih belum penuh sampai maghrib. Maksudnya, puasanya masih setengah hari.hehehehe.Walaupun masih setengah hari, orang tua saya tidak pernah memarahi saya maupun memaksa saya.Karena, orang tua saya ingin saya bisa berpuasa karena kesadaran diri sendiri.Tapi, suatu ketika orang tua saya bilang"San,puasanya ditingkatkan jangan setengah hari terus.Orang tua saya hanya menasehati saya seperti itu.Saya senang orang tua saya menasehati saya seperti itu.

Sewaktu saya puasa(waktu SD), saya terkadang mengeluh dengan ucapan"Lapar.....Haus...."pada siang hari dan terkadang saya melihat jam dinding terus menghitung berapa jam lagi pukul 12.00 WIB(siang).Didesa saya kalau puasa sampai jam 12 siang namanya "Puasa Bedug"!.Kenapa ko dinamakan Puasa Bedug??Karena..bedug itu sebagai sinonim dari Adzan Dzuhur gitu.hehehe. Setelah pukul 12 siang, saya nonton TV sambil makan cemilan karena saya sudah buka puasa.

Menjelang buka puasa,pukul 16.00 WIB(sore) ibu saya dan pembantu saya memasak untuk buka puasa seperti membuat kolak,es campur,bubur dll dan tidak lupa saya mencicipinya supaya tahu apa rasanya.Setelah itu,saya mandi terus sholat ashar.Pada pukul 18.00WIB(malam) telah tiba. Orang tua,kakak dan pembantu saya menyantap menu buka puasa yang telah dimasak dan disediakan serta sayapun ikut berbuka walaupun sudah buka jam 12 tadi. Ketika sedang berbuka puasa bersama, Ayah saya bilang dengan nada bercanda"San, kan tadi jam 12 siang udah buka..ko buka lagi.Lalu saya menjawab" Biarin kan saya masih kecil"dengan nada bercanda.

Setelah selesai berbuka puasa bersama, saya,orang tua saya,kakak dan pembantu saya yang sudah dianggap saudara, menjalankan sholat maghrib berjamaah yang dipimpin oleh Ayah saya sebagai Imam. Selesai sholat maghrib berjamaah, keluarga saya makan malam bersama. Saya biasanya kalau makan malam pasti didepan TV sambil nonton sinetron Versi ramadhan.Saking seriusnya, makannya jadi lama dan ga habis-habis. Ayah saya bilang" Itu makanannya dihabisin dulu jangan serius banget nontonnya"dengan nada bercanda.

Itulah waktu saya masih kls 3 SD ampe kls 5SD puasa masih blom penuh.Nah..pas saya udah kls 6-sekarang...puasanya penuh dari terbit matahari ampe terbenam matahari.Tapi....sayang banget ga bisa puasa 1 buln penuh karena dah mulai baligh.hehehhe.Karena itu...puasanya penuh 1 hari karna ga bisa puasa 1 bln penuh(Sedih rasanya).Banyak perubahan juga dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah sholatnya.Dimasjid biasanya ngobrol pas kls 3SD ampe kls 5,nah...karna dah kls 6 SD ampe SMA kalau dimasjid yaa sholat+dengerin ceramah kalau ada.Waktu duduk dibangku kls 6, disekolah ngadain buka bersama+traweh bersama.Kegiatan itu berjalan dengan lancar dan penuh kegembiraan.Bukan hanya waktu SD saja ada kegiatan buka bersama.Tapi...waktu SMP dan SMApun ada.

Waktu SMP adalah waktu2 yang menyenangkan.Apalagi pas diadakan buka bersama.Saya dan semua teman-teman 1SMP,ikut buka bersama.Menu makanan untuk buka bersama 1 kls dengan kls yang lain berbeda-beda.Saya waktu SMP duduk Dikls 1A,2A,3A nah menu makanan buka puasa bersama berbeda-beda tiap kls.Waktu itu,menu buka puasa kls 2A ayam goreng dari rumah makan ABG tapi kls yang lain berbeda-beda walaupun ada beberapa kls yang sama menunya.Saya dan teman-teman sekelas pada waktu buka puasa diSMP,menikmatinya dengan kegembiraan dan kekeluargaan.DiSMP lah saya merasakan kalau semua temen-temen SMP seperti saudara.Saya bergaul dengan teman-teman SMP dah kaya keluarga.Saling bantu-membantu pokoknya tidak akan terlupakan masa-masa SMP yang menggembirakan ataupunmenyedihkan.Setelah acara buka puasa selesai, pada waktu itu..saya dan teman-teman saya(kami)pulang.Ada yang dijemput ada yang pulang berboncengan dengan teman menggunakan sepeda Motor.Waktu itu...saya diantar sama teman sekelas saya B dibelakangnya disertai soulmates yang diantar ma temen-temen gt dech.DiSMA N2 pun sama seperti itu hanya ada beberapa perbedaan saja dalam hal bergaul.heheh

Itulah pengalaman-pengalaman saya waktu puasa diTanah kelahiran maupun disekolah yang tak terlupakan.Sayang sekali saya tidak bisa menikmatinya lagi kegembiraan tersebut karena saat ini dan selama 3thn saya di Mesir karena Ayah saya bekerja di Indonesian SchooL Of Cairo.


No comments: